Minggu, 10 Juni 2012

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab diselenggarakan Fakultas Humaniora dan Budaya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: Un.3/PP.00.9/1331/2007 tentang Fakultas Humaniora dan Budaya sebagai Penyelenggarakan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Dasar pembukaan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor: Dj. I/220A/2007 tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S-1).

 

Visi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab menjadi program studi  Pendidikan Bahasa Arab yang terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang pendidikan bahasa Arab yang memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat.

 

Misi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab adalah (1) menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang profesional dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten di bidang ilmu pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab dan mampu mengaplikasikannya baik sebagai ilmu murni maupun terapan, (2) menyelenggarakan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam dalam mempersiapkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan (3) menjaga nilai-nilai religius dan etika profesionalisme akademik dalam menyelenggarakan program studi.

 

Adapun tujuan penyelenggaraan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab adalah (1) menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan profesional; (2) menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang memahami secara mendalam tentang ilmu kependidikan dan pengajaran Bahasa Arab; (3) menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang menguasai metodologi penelitian sebagai sarana menciptakan inovasi serta mampu mengaplikasikannya dalam pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab; (4) menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Arab baik secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar; dan (5)  menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang secara profesional mampu memanfaatkan ilmu dalam bidang bahasa baik sebagai ilmu murni maupun ilmu terapan.

 

Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab diharapkan memiliki profil lulusan sebagai berikut:

 

  1. Memiliki integritas keagamaan dan keilmuan kebahasaan dan kependidikan.
  2. Menguasai keterampilan berbahasa yang memadai sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya dan peradaban.
  3. Memiliki kedalaman ilmu bahasa  baik sebagai ilmu murni maupun terapan sebagai bekal untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan keterampilan dalam melakukan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar bahasa Arab.
  4. Mampu memanfaatkan ilmu-ilmu kependidikan sebagai bekal mengembangkan potensi diri dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar bahasa Arab.
  5. Menguasai metodologi penelitian sebagai sarana menciptakan inovasi metodologi pembelajaran serta mampu mengaplikasikannya dalam pengajaran Bahasa Arab.

 

Beberapa program unggulan yang dimiliki  Jurusan Pendidikan Bahasa Arab adalah Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa secara lebih intensif sebagai dasar untuk menempuh mata kuliah keahlian; Pekan Bahasa Arab dilaksanakan dalam rangka meningkatkan wawasan kebahasaan Arab sekaligus sebagai wahana kompetisi mahasiswa; Seminar Kependidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab bertujuan memberikan wawasan tentang wacana terkini dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab; Micro Teaching (al-Ma'mal  al-Ta'lim li al-Lughah  al-'Arabiyyah) untuk memberikan pendalaman materi dan sarana praktik pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab;  Program Penerbitan dan Penerjemahan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa berapresiasi dan pengembangan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan menerjemah; dan On Job Training yang dilaksanakan dalam rangka memberikan pengalaman langsung kepada  mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab.

 

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab selain didukung tempat kuliah yang sangat representatif, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab juga ditunjang beberapa fasilitas pendukung, seperti: Laboratorium Micro Teaching, Laboratorium Bahasa, Home Theater, Self Access Center (SAC), Media Studi Islam, Laboratorium Al-Qur'an, Perpustakaan, Internet Access Center (IAC), Ma'had al-Aliy Sunan Ampel (Lingkungan Berbahasa), dan Ruang Seminar. Di samping itu, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab didukung tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman lulusan Program Pascasarjana (S-2 & S-3) baik dalam dan luar negeri. Untuk lebih memberikan kualitas yang memadai, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab juga didukung tenaga pengajar native speaker yang berasal dari beberapa negara seperti Arab Saudi, Mesir , Sudan, Maroko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar