Minggu, 10 Juni 2012

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Islam mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan, harkat, martabat dan kualitas moral bangsa dengan menghasilkan tenaga ahli yang memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan keimanan yang kuat sehingga kehadirannya akan selalu memberikan nilai tambah bagi masyarakat, bangsa dan agama. Hal ini searah dengan visi dan misi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yakni mencetak lulusan yang memiliki kriteria intelektual profesional yang ulama dan ulama yang intelektual profesional. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan pengembangan yang secara sistematik dan sistemik sesuai dengan visi dan misi serta langkah operasional rencana strategis pengembangan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang mencerminkan pertumbuhan (growth), perubahan (change) dan pembaharuan (reform).

 

Sejak awal keberadaannya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah bersikap kritis dan responsif terhadap perubahan dan perkembangan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Untuk lebih memperkuat dan mempertegas peran UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam masyarakat, perlu adanya terobosan pemikiran dan program aksi untuk pengembangan wacana keislaman. Sebagai respon atas kebutuhan dan tuntutan masyarakat tersebut, maka dipandang perlu untuk mengembangkan Fakultas Humaniora dan Budaya dengan membuka Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.

 

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab diselenggarakan Fakultas Humaniora dan Budaya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Binbaga Islam Nomor: E/107/1998 tanggal 13 Mei 1998.

 

Visi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab adalah menjadi Jurusan terkemuka dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang Bahasa dan Sastra Arab yang memiliki kekuatan akidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bernafaskan Islam serta menjadi kekuatan penggerak masyarakat.

 

Misi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang profesional dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten di bidang ilmu bahasa dan sastra Arab dan mampu mengaplikasikannya baik sebagai ilmu murni maupun terapan, menyelenggarakan pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam dalam mempersiapkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan menjaga nilai-nilai religius dan etika profesionalisme akademik dalam menyelenggarakan program studi.

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab memiliki tujuan pendidikan untuk menghasilkan Sarjana Bahasa dan Sastra  yang memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual dan keluhuran akhlak, menghasilkan Sarjana Bahasa dan Sastra  yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab baik secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar, menghasilkan Sarjana Bahasa dan Sastra  yang memahami secara mendalam tentang ilmu kebahasaan dan kesusastraan Arab, menghasilkan Sarjana Bahasa dan Sastra  yang menguasai metodologi kajian bahasa dan analisis karya sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk mengkaji, menganalisis dan mengapresiasi karya sastra Islami, dan menghasilkan Sarjana Bahasa dan Sastra  yang secara profesional mampu memanfaatkan ilmu dalam bidang bahasa baik sebagai ilmu terapan maupun ilmu murni.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar